Cara Mengecilkan Pori Pori Wajah Dan Menghilangkan Komedo

Cara Mengecilkan Pori Pori Wajah Dan Menghilangkan Komedo
cara mengecilkan pori pori wajah dan menghilangkan komedo
Cara mengecilkan pori pori wajah dan menghilangkan komedo | 24healthours.com - Secara umum komedo timbul pada kulit wajah yang berminyak dengan pori pori tertutup oleh debu atau kotoran yang menempel pada wajah. Jenis komedo sendiri bisa dibagi menjadi 2 jenis yaitu whiteheads dan blackheads. Komedo jenis whiteheads adalah komedo yang berjenis tertutup sedangkan komedo jenis blackheads adalah komedo yang berjenis terbuka.

Whiteheads pada wajah adalah komedo yang berwana sedikit kekuningan biasanya timbul diarea kulit wajah dagu, hidung, dan sedikit di bagian kulit wajah pipih. Blackheads sendiri sering timbul hanya diarea bagian hidung saja, komedo ini berwana hitam namun sekilas tidak akan terlihat, akan tetapi jika diperhatikan secara hati hati maka kita dapat melihat komedo jenis blackheads ini.

Blackheads ini tercipta karena sebum yang bercampur dengan sejumlah sel kulit yang mati, dan juga komedo jenis ini muncul akibat permukaan kulit wajah yang kotor serta berminyak ditambah lagi penggunaan pelembab dan kosmetik yang tidak dibersihkan dengan benar. Selain dari faktor eksternal yang diatas, kulit yang memiliki pori pori yang terbuka lebar juga merupakan salah satu faktor terbentuknya komedo. Menggunakan make-up serta foundation secara berlebihan namun memiliki kebiasaan buruk yaitu kurang membersihkan wajah sehabis menggunakan make-up dan foundation menjadi pemicu munculnya komedo pada wajah Anda.


Menghilangkan komedo ampuh


+ Menggunakan serum
Serum dapat digunakan untuk menghilangkan komedo, zat tannin yang terkandung dapat digunakan sebagai cara menghilangkan komedo dan mengecilkan pori pori dengan cepat. Tannin dapat membuat kulit lebih kencang, hal ini disebabkan karena tannin membekukan protein kulit dan membantu mengontrol sebum. Selalu gunakan serum yang memiliki kandungan tannin yang tidak akan membuat iritasi pada kulit Anda.

+ Cleansing wajah secara teratur
Selain menggunakan serum Anda juga diwajibkan untuk selalu membersihkan wajah sebagai cara menghilangkan komedo serta mencegahnya timbul. Selalu gunakan pembersih wajah yang juga mengandung tannin. Biasanya ditemukan pada beberapa jenis tanaman seperti buah anggur, kopi, teh hijau, yang sangat berfungsi membantu dan mengontrol produksi sebum dan dapat mengecilkan pori pori.

Memakai masker alami atau beli
Salah satu cara menghilangkan komedo dan mengecilkan pori pori wajah adalah menggunakan masker, Anda dapat menggunakan masker alami dari sekitar Anda yaitu dengan cara memanfaatkan buah tomat. Buatlah masker dari buah tomat yang sudah dihaluskan, setelah itu oleskan pada wajah dan tunggu hingga 20 menit. Kemudian angkat masker tersebut dan lihatlah komedo benar benar terangkat dari wajah Anda.

Lakukan cara cara diatas dengan rutin serta teratur, untuk penggunaannya jangan terlalu sering lebih baik di batasi 3 hari 1x atau 4 hari 1x, jika cara diatas digunakan setiap hari maka justru akan membuat kulit wajah menjadi kering sehingga kelenjar sebaceous justru akan lebih banyak memproduksi sebum/minyak dan ini akan menimbulkan komedo yang semakin banyak pula.

Mengecilkan pori pori ampuh


Menggunakan es batu
Es batu dapat digunakan untuk mengecilkan pori pori pada wajah. Es batu juga dapat mengencangkan pori pori kulit serta mengontrol sebum/minyak. Cara menggunakannya cukup mudah hanya dengan cara sebagai berikut:

- Siapkan 1 buah es batu.
- Bungkus es batu menggunakan kain tipis.
- Lalu gosokan pada bagian wajah secara merata dan perlahan.
- Lakukan hal ini setiap pagi sesudah bangun tidur.

Mengecilkan pori pori menggunakan jus mentimun
Selain dapat digunakan sebagai buah pencuci mulut, mentimun juga memeiliki khasiat yang bagus untuk kesehatan kulit. Mentimun dapat digunakan untuk mengecilkan pori pori sebagai berikut:

- Siapkan 1 atau 2 buah timun.
- Haluskan timun tersebut menggunakan blender atau parut secara manual.
- Cucui wajah Anda terlebih dahulu menggunakan air bersih.
- Oleskan jus mentimun ini pada wajah hingga menjadi masker.
- Oleskan kebagian seluruh wajah secara merata dan tunggu hingga 20 menit.
- Bilas wajah Anda menggunakan air hangat. Dan lakukan hal ini secara rutin 1 hari 1x atau 2 hari 1x.

+ Menggunakan pisang sebagai masker
Pisang bukannya hanya dapat dimakan, namun pisang juga dapat digunakan untuk masker pada wajah agar pori pori diwajah mengecil. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

- Siapkan pisang 1 buah (bukan 1 sisir), dan 1 sendok makan susu bubuk apa saja.
- Kupas pisang dari kulitnya lalu haluskan pisang menggunakan blender atau dengan cara ditumbuk.
- Setelah masukan 1 sendok makan susu bubuk dan aduk hingga rata.
- Lalu oleskan pada wajah secara merata dan secara perlahan.
- Diamkan hingga 15-20 menit, setelah itu cuci wajah Anda menggunakan air hangat.
- Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan dengan teratur


Cara Mengecilkan Pori Pori Wajah Dan Menghilangkan Komedo

0 Response to "Cara Mengecilkan Pori Pori Wajah Dan Menghilangkan Komedo"

Posting Komentar